4M untuk RESTORASI INDONESIA

memperbaikiTulisan terdahulu berjudul “MODAL SAYA UNTUK NYALEG 4M”, yaitu: Mendengar, Menyapa, Mengajak dan Membina, adalah upaya secara bertahap yang harus dilakukan untuk melakukan Restorasi di tengah masyarakat. Istilah Restorasi sampai saat ini sebagian besar masyarakat belum memahami dan mengetahui apa maksud dan tujuan dari Restorasi tersebut. Maka kita harus mengupayakan dengan sabar dan kerja keras agar nantinya masyarakat dapat memahami dan mengetahui Restorasi Indonesia yang digagas oleh Surya Paloh dalam memperbaiki kondisi bangsa dengan Gerakan Perubahannya. Rumusan Restorasi Indonesia menurut hasil Rapimnas I Partai NasDem terdapat empat kata kunci yaitu: Memperbaiki, Mengembalikan, Memulihkan dan Mencerahkan.
Mendengar adalah sebagai langkah awal untuk mengetahui berbagai keluhan, kejadian dan harapan yang diinginkan oleh masyarakat agar kita secara untuh mengetahui data secara primer yang didapat langsung dari masyarakat. Upaya ini dilakukan agar kita berperilaku selalu mendengar aspirasi dan masukan masyarakat bahkan kritikan dari masyarakat dan belajar untuk tidak mengumbar janji dengan retorika belaka.
Menyapa adalah upaya kita memperhatikan setiap kejadian di tengah masyarakat, dan selalu melakukan komunikasi dalam memelihara kesatuan bangsa dan memperkuat keutuhan bangsa serta gotong royong. Masyarakat butuh perhatian dan perlu diajak berkomunikasi agar mereka menyadari bahwa kita adalah bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat. Hal ini sebagai upaya memperkuat tali silaturahmi antara kita dengan konstituen yang juga sebagai upaya untuk menghilangkan model birokratis yang justru menghalangi hubungan.
Mengajak adalah bagian yang penting dalam upaya membawa seluruh elemen masyarakat untuk ikut bergabung dalam arus besar perubahan bangsa ini, kita harus mengajak masyarakat untuk mempersiapkan dan menghantar bangsa ini menuju perubahan yang lebih baik melalui Gerakan Restorasi Indonesia. Partai nasDem adalah partai Gerakan bukan partai menara gading yang tidak bisa dijangkau oleh masyarakat. Semua masyarakat harus diajak dan ikut bersama-sama memperbaiki, mengembalikan, memulihkan dan mencerahkan bangsa ini dari keterpurukan dan permasalahan yang carut marut dalam pengelolaan pemerintahan dan negara.
Membina adalah upaya mengakselerasi kepaduan yang untuk antara harapan dan kenyataan yang telah diupayakan melalui Gerakan Restorasi. Masyarakat perlu pembinaan dengan tujuan menyatukan langkah dan gerak dalam setiap perjuangan secara bersama-sama dan memelihara capaian yang telah didapat. Masyarakat tidak boleh ditingggalkan dan didiamkan, mereka perlu dibina bukan untuk dibinasakan, mereka harus menjadi masyarakat yang cerdas dan siap ikut bersama-sama dalam melakukan perubahan bersama Partai NasDem.
Upaya 4M yang dilakukan sejalan dan mengacu pada empat kunci rumusan Restorasi Indonesia. Dan 4M tersebut juga mengingatkan nomor 4 dan Maman Fathurochman yang sedang mencalonkan diri sebagai Anggota DPR RI Partai NasDem di Daerah Pemilihan Banten 1 dengan Nomor Urut 4. Semoga ini menjadi slogan tersendiri untuk memudahkan dan mengingat, jika melihat 4M pasti ingat Maman dan Restorasi Indonesia.
Restorasi adalah gerakan untuk mengembalikan Pancasila sebagai jati diri Negara bangsa sebagai dasar kehidupan bersama. Restorasi Indonesia bertitik-tumpu pada perubahan pola pikir masyarakat Indonesia dari kepura-puraan menjadi keterusterangan!
Restorasi bermula sebagai gerakan perubahan untuk memperbaiki kondisi (Negara, bangsa, dan masyarakat) yang sedang rusak atau menyimpang dari tujuan yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945. Istilah ini popular sejak restorasi Meiji di Jepang yang merupakan jawaban bangsa Jepang terhadap demoralisasi dan liberalisasi agar mereka tidak kehilangan karakter dan maju menjadi bangsa yang maju. Gerakan Restorasi Indonesia meletakkan tujuan dan cita-cita dengan menjadikan Pancasila sebagai senjata spiritual, dan rakyat Indonesia sebagai senjata materialnya.
Kehidupan nasional Indonesia saat ini sudah berada pada titik yang mengkahwatirkan. Reformasi 1998 sebagai tonggak ikhtiar demokratisasi Indonesia ternyata menyisakan kekecewaan banyak orang. Demokratisasi menjadi rutinitas suksesi kekuasaan tanpa memunculkan pemimpin-pemimpin yang berkualitas, visioner, dan layak diteladani. Neoliberalime begitu mantap mencengkeram ekonomi Indonesia, sementara jatidiri sebagai orang Indonesia pun semakin tercerabut.
Restorasi beraras pada, pertama, restorasi negara yang berupa upaya membangun keteladanan kepemimpinan, membangun karakter gotong royong sesuai dengan dasar negara, dan membangun kepercayaan rakyat terhadap institusi negara. Kedua, restorasi kehidupan rakyat yang berupa upaya membangun gerakan arus bawah atas prakarsa rakyat, yang membawa nilai-nilai kebajikan, spritualitas kebangsaan, solidaritas sosial, kearifan budaya lokal, dan etos kerja yang produktif. Ketiga, restorasi kebijakan internasional yang berupa upaya membangun keseimbangan baru dalam tata dunia yang lebih adil, damai dan menjaga kelestarian alam semesta.
Ada empat kata kunci dalam rumusan Restorasi Indonesia sebagai hasil Rapimnas I Partai NasDem. Empat kata kunci itu adalah:
1.       Memperbaiki
2.       Mengembalikan
3.       Memulihkan
4.       Mencerahkan
1.     Memperbaiki
Apa yang mesti diperbaiki? Segala sesuatu yang rusak. Hanya orang yang kurang kerjaan memperbaiki yang sudah baik.
Contoh yang rusak:
Sistem pemerintahan kita sistem presidensial, tetapi DPR begitu berkuasa sehingga presiden seperti bawahan DPR. Kerusakan ini harus diperbaiki.
Contoh restorasi:
  • Mengangkat Duta Besar merupakan hak penuh presiden sehingga tidak perlu mendapat persetujuan dari DPR seperti yang berlaku sekarang ini.
  • Mengangkat kapolri juga merupakan hak penuh presiden sehingga tidak perlu mendapat persetujuan dari DPR seperti sekarang ini.
  • DPR tidak perlu campur tangan sampai ke anggaran program bahkan sampai ke anggaran proyek. Fungsi budgeting DPR dibatasi hanya pada penyusunan anggaran umum dalam penetapan BUMN.
2.     Mengembalikan
Apakah yang dikembalikan? Yang tidak pada tempatnya dikembalikan pada tempatnya.
Contoh yang tidak pada tempatnya:
  • Tidak pada tempatnya partai guram mencalonkan orangnya menjadi presiden.
  • Tidak pada tempatnya menghamburkan uang rakyat untuk biaya pemilu.
  • Hilangnya gotong royong. Yang berkembang semangat individual. Gotong royong harus ditumbuhkan dan disuburkan kembali.
Contoh restorasi:
  • Partai yang meraih suara terbanyak yang menjadi presiden.
  • Melaksanakan politik ramah biaya dengan membatasi jumlah biaya pemilu untuk setiap angkatan.
  • Memelopori solidaritas terhadap warga korban bencana dan kemalangan.
3.     Memulihkan
Apa yang dipulihkan? Yang sakit disembuhkan dan dipulihkan.
Contoh yang sakit:
  • Hukum di negeri ini sudah sakit berat.
Contoh restorasi:
  • Anggota DPR dilarang dicalonkan menjadi hakim agung.
  • Pengacara/advokat yang menjadi anggota DPR harus menutup kantor firma hukumnya selama menjadi anggota DPR.
4.     Mencerahkan
Apa yang dicerahkan? Yang suram dicerahkan.
Contoh yang suram:
  • Retaknya keutuhan berbangsa dan bernegara.
  • Tingkat kemakmuran rakyat yang rendah.
  • Buruknya daya saing anak bangsa di kancah global.
Contoh restorasi:
  • Memasukkan pendidikan multikultural dalam kurikulum.
  • Meredistribusi pusat pertumbuhan dengan mendekatkan industri/pabrik ke bahan baku. Misalnya: industri kayu ke Kalimantan; pembangkit listrik tenaga batubara ke Sumatera dan Kalimantan; penangkapan dan pengolahan ikan ke Maluku, NTT, dan Papua.
  • Publik yang berpendidikan lebih tinggi. Sekolah gratis sampai sekolah lanjutan atas.
Restorasi bukan jalan pintas. Syarat utama restorasi adalah perubahan mendasar, menyeluruh dan terpadu, yang melibatkan populasi besar dengan pengerahan energi berpikir yang kuat dan terarah dan berjangka waktu panjang.

Tentang maman fathurochman

Berkomitmen untuk turut serta mewujudkan Pandeglang yang Bersih, Berbudaya, dan Berkesejahteraan, menjaga nilai-nilai budaya dan kearifan lokal, serta senantiasa bersyukur dan berharap ridho Allah SWT.
Pos ini dipublikasikan di Harapan dan tag , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke 4M untuk RESTORASI INDONESIA

  1. makmur berkata:

    Ane mendukung & mendoakan perjuangan ini mulia,,!!!
    Nyoook bersama bisa,,,,!! SEMANGAT tidak ada kata lain MENANG,,,,,,,,!!!!

  2. maman fathurochman berkata:

    terima kasih, tetap kritis ya

  3. maman fathurochman berkata:

    Amin Ya Robbal Alamin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s