Tipe-Tipe Budaya Politik

Tipe-Tipe Budaya Politik

Beberapa tipe budaya politik yang banyak dianut oleh masyarakat, yakni sebagai berikut:

1. Parokialisme, yaitu dimana aktivitas politik di dalam masyarakat kurang dilakukan oleh individu-individunya bahkan mereka tidak peduli dan tidak menyadari politik itu sendiri.

2. Subjektif, yaitu adanya kepasifan dari individu-individu di dalam suatu sistem politik untuk patuh kepada pejabat pemerintah dan aturan perundangan, dan mereka sudah mulai menyadari namun cenderung tidak turut serta dalam proses dan pembentukan politik.

3. Partisipan, yaitu kebiasaan individu-individu di dalam masyarakat terlibat dalam artikulasi, tuntutan dan pembentukan keputusan-keputusan politik di dalam sistem politik nasional. Masyarakat yang berorientasi pada struktur dan proses politik.

Jika dilihat pembahasan di atas, maka jelaslah bahwa budaya politik yang paling maju adalah budaya politik partisipan. Lalu, apa yang dimaksud dengan partisipasi politik? Partisipasi politik merupakan aktivitas warga negara yang memiliki kepribadian dalam bersikap sebagai pribadi untuk memengaruhi proses pembuatan keputusan yang dilakukan oleh pemerintah. Partisipasi di sini dapat bersifat individu atau kolektif, dapat terjadi secara terorganisir ataupun spontan, bersatu atau sporadis, dan secara damai atau dengan kekerasan.

Budaya politik partisipan sesuai dengan prinsip demokrasi dalam politik. Demokrasi menghendaki keterlibatan rakyat secara luas, melalui pemilihan umum maupun kritik kepada pemerintah. Seringkali partisipasi politik rakyat diwujudkan melalui jalan demonstrasi jika saluran-saluran parlementer dianggap buntu.

Namun, bagaimana dengan situasi budaya politik di Indonesia? Tentunya semua tipe budaya politik tersebut bisa dijumpai di masyarakat kita, dan untuk waktu ke depan kita berharap semua masyarakat akan sadar untuk dapat berpartisipasi dalam kegiatan dan perilaku politik yang semata-mata untuk mencapai tujuan dan kepentingan bersama yang lebih baik, sehingga pola pikir pragmatis dapat berubah ke idealis.
(Bahan Ajar Perilaku Keorganisasian dan Artikel Publish Banten Heritage)

Tentang maman fathurochman

Berkomitmen untuk turut serta mewujudkan Pandeglang yang Bersih, Berbudaya, dan Berkesejahteraan, menjaga nilai-nilai budaya dan kearifan lokal, serta senantiasa bersyukur dan berharap ridho Allah SWT.
Gambar | Pos ini dipublikasikan di Analisis dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s