Pesta Rakyat atau Pesta Partai?

Pesta Rakyat atau Pesta Partai?

Pembahasan yang bertema Pemilu akan selalu mewarnai media informasi di tanah air pada tahun 2014 ini, apakah sesungguhnya pesta demokrasi yang akan berlangsung nanti betul-betul merupakan Pesta Rakyat atau hanya sekedar Pestanya Partai Politik?


Tahun 2014 disebut berbagai kalangan sebagai Tahun Politik karena bertepatan dengan pelaksanaan pesta demokrasi yang digelar pada tahun tersebut. Ada dua perhelatan besar yang akan terjadi di negeri ini yaitu pemilihan anggota legislatif dan dilanjutkan dengan pemilihan presiden. Tentunya semua masyarakat Indonesia berharap mendapatkan hasil yang terbaik dengan munculnya pemimpin baru dan wakil-wakil mereka di Parlemen untuk melanjutkan tegaknya negara ini.
Rakyat disuguhkan sebuah pesta besar dengan rangkaian kegiatan yang cukup panjang dan memakan biaya yang sangat fantastis. Namun apakah sepadan dengan hasil yang diharapkan? tentunya semua tergantung pada kesadaran masing-masing antara rakyat dan partai politiknya! Apakah mengarahkan kepada pencapaian idealis atau pragmatis? tentunya akan kita lihat nanti bagaimana hasil Pemilu 2014 mendatang!
Pesta yang akan digelar dengan biaya trilyunan rupiah ini ditanggapi beragam oleh masyarakat, ada yang menyambutnya sepenuh hati, ada yang setengah hati, dan ada pula yang tidak peduli. Masyarakat yang menyambut pun akan terbagi menjadi masyarakat pemilih yang idealis dan masyarakat pemilih yang pragmatis. Kita semua berharap bahwa masyarakat kita akan cerdas menanggapi pesta demokrasi ini dan terhindar dari praktek politik uang dan transaksional.
Disisi lain pesta ini merupakan sebuah pertaruhan dan pertarungan bagi partai politik untuk menunjukkan eksistensinya. Bahkan disinyalir banyak partai politik yang akan berpesta besar-besaran untuk menarik perhatian masyarakat dengan berbagai cara dan perilakunya masing-masing. Hanya saja yang perlu kita kritisi apakah pesta itu dibiayai sendiri atau jangan-jangan mengeruk anggaran yang seharusnya dipergunakan untuk kepentingan rakyat.
Konotasi pesta tersebut disebagian kalangan masyarakat dianggap sebagai hal yang negatif, yaitu menghambur-hamburkan uang dan membagi-bagikan hadiah. Dan ada pula yang beranggapan positif bahwa pesta tersebut merupakan bentuk syukur dan ucapan terima kasih atas sebuah prestasi. Memang akan menjadi kontradiktif jika sebuah pencapaian pesta tersebut dilakukan dengan cara-cara kotor yang justru harapannya adalah menghasilkan pemimpin dan wakil rakyat yang bijak dan adil serta dapat membawa rakyatnya kearah yang kesejahteraan. Pesta disini tidak identik dengan partai atau party. Party dimaksud bukanlah pesta yang selama ini dipahami, tapi adalah sebuah partai yang secara harfiah berasal dari kata “Part” yaitu bagian perbagian. Kata tersebut muncul dari pendapat George Washington Presiden Amerika Serikat yang pertama, yang menganggap bahwa didirikannya partai politik sebagai organisasi yang memisahkan, memecah belah rakyat Amerika perbagian (part) serta konflik yang ditimbulkan partai politik di lapangan. Pada gilirannya, pesta rakyat, pesta demokrasi atau pesta apapun itu yang dilakukan dalam pemilihan umum mendatang, jangan sampai memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa kita. Partai politik tidak boleh melakukan kegiatan yang berujung pada pengkotak-kotakan masyarakat hanya karena perbedaan pandangan politiknya dan sebisa mungkin harus meredam potensi konflik yang mungkin terjadi di masyarakat.

Tentang maman fathurochman

Berkomitmen untuk turut serta mewujudkan Pandeglang yang Bersih, Berbudaya, dan Berkesejahteraan, menjaga nilai-nilai budaya dan kearifan lokal, serta senantiasa bersyukur dan berharap ridho Allah SWT.
Gambar | Pos ini dipublikasikan di Pemilu 2014, Ulasan dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s