Pembenahan Pasar Tradisional

Pembenahan Pasar Tradisional

Hasil evaluasi yang telah dilakukan Kemendag menunjukkan adanya peningkatan omset transaksi antara 33% – 85% para pedagang yang berjualan di pasar tradisional setelah dilakukan revitalisasi dibandingkan dengan sebelum revitalisasi.
Dibalik peran pasar tradisional tersebut diperlukan upaya-upaya dalam rangka meningkatkan daya saing pasar tradisional yang identik dengan sebuah lokasi perdagangan yang kumuh, semrawut, kotor dan merupakan sumber kemacetan lalu lintas.
Citra Pasar Tradisional yang kurang baik tersebut sudah semestinya mendapat perhatian yang cukup besar karena didalamnya terkait dengan hajat hidup orang banyak. Pembenahan Pasar Tradisional menjadi tempat belanja yang bercitra positif adalah suatu tantangan yang cukup berat dan harus diupayakan sebagai rasa tanggung jawab kepada publik.
Pembenahan pasar tradisional tentu saja bukan hanya tugas pemerintah tetapi juga masyarakat, pengelola pasar dan para pedagang tradisional untuk bersinergi menghapus kesan negatif tersebut sehingga pasar tradisional masih tetap eksis di tengah persaingan yang semakin ketat. Upaya pemerintah terus dilakukan setelah atau pasca dilakukannya program revitalisasi pasar tradisional dengan melakukan program pendampingan guna membina dan memberdayakan pasar tradisional secara komprehenshif.
Dan perlu juga diingat bahwa modernisasi bukanlah satu-satunya solusi, tetapi bisa dilakukan sebagai upaya peningkatan fungsi dan daya tarik Pasar Tradisional dalam bentuk lain seperti menciptakan sesuatu yang khas dengan diriringi tingkat kenyamanan, keamanan, kebersihan dan ketertiban yang harus terpelihara dengan baik.

Tentang maman fathurochman

Berkomitmen untuk turut serta mewujudkan Pandeglang yang Bersih, Berbudaya, dan Berkesejahteraan, menjaga nilai-nilai budaya dan kearifan lokal, serta senantiasa bersyukur dan berharap ridho Allah SWT.
Gambar | Pos ini dipublikasikan di Harapan dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Pembenahan Pasar Tradisional

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s