PANDEGLANG MENUJU PERUBAHAN

PANDEGLANG MENUJU PERUBAHAN

Pandeglang adalah daerah yang strategis dalam percaturan sejarah baik sebelum maupun saat Kesultanan Banten berkuasa. Bukti itu dapat terlihat dari berbagai peninggalan sejarah yang terdapat di Wilayah Pandeglang, yang bukan hanya membekas pada benda yang berwujud, tetapi juga membekas pada kultur kehidupan masyarakat Pandeglang. Sebutan Kota Santri dan masyarakat yang memiliki jiwa patriotis agamis serta daerah yang historis, bukan timbul dengan sendirinya, akan tetapi merupakan bentangan sejarah telah mencatatnya.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang tahu akan sejarahnya, merupakan kekuatan yang dapat memicu bangkitnya suatu bangsa hingga dapat dikenal oleh seluruh pelosok negeri. Kita semua tentu menginginkan suatu saat Pandeglang menjadi lebih baik dengan membangun sebuah paradigma baru yang jauh dari keterbelakangan, kemiskinan, kebodohan, menuju suatu masyarakat yang baldatun toyibbatun warofun gofur, dilandasi dengan kebersihan ahlak dari para pemimpin dan masyarakatnya, memahami nilai-nilai lingkungannya, memiliki kemampuan dan keilmuan yang mumpuni menuju daerah yang dapat berkompetisi dalam percaturan dunia.

Kondisi yang terjadi di Pandeglang akhir-akhir ini merupakan hal yang harus disikapi secara serius, jangan sampai kabupaten yang sama-sama kita cintai ini memiliki citra negatif yang berpotensi menuju kehancuran atau bahkan sampai Pandeglang hilang dari peta dunia. Berbagai kecaman dan aksi baik mahasiswa maupun kelompok-kelompok masyarakat terhadap kondisi yang terjadi merupakan reaksi dari keinginan besar mereka menuju kondisi yang lebih baik, hal ini merupakan satu potensi masyarakat yang sangat luar biasa karena mereka memiliki kepedulian terhadap daerahnya. Maka dari itu, Pandeglang harus mampu merubah dirinya menjadi daerah kabupaten yang didambakan oleh semua masyarakatnya, yang dipimpin oleh seseorang yang sanggup dan mampu memimpin perubahan ke arah yang lebih baik.

”Bangunlah jiwanya bangunlah badannya”, merupakan kutipan syair lagu Kebangsaan Indonesia Raya yang bermakna sangat luas. Kemajuan pembangunan tidak hanya terlihat dari kokohnya gedung-gedung, megahnya bangunan, akan tetapi harus didasari kematangan jiwa dan moral manusia yang menempatinya. Maka usaha-usaha untuk membersihkan semua penyakit-penyakit jiwa dan penyakit moral yang menghinggapi segenap insan pemimpin dan insan yang dipimpinnya adalah suatu keharusan dan harus dilakukan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya, agar tidak lagi menjadi bumerang dan penghambat kemajuan Kabupaten Pandeglang kelak.

Kepercayaan diri Masyarakat Pandeglang haruslah dibangun kembali, sehingga kita semua antara pemimpin dan masyarakatnya secara bersama-sama mampu menunjukkan kepada dunia, bahwa Pandeglang yang historis, patriotis, dan agamis dapat diakui dan dihormati dunia. Ketertinggalan yang selama ini melekat harus kita jauhkan dan digantikan menjadi daerah yang berkemajuan, memiliki daya saing yang tinggi dalam berbagai macam bidang.

Transformasi dalam bidang ekonomi yang berkeadilan dan berkesejahteraan harus mampu berperan dalam lingkup global yang tidak hanya dirasakan oleh lingkup lokal saja, bidang politik yang harus lebih terbuka dan demokratis yang menjauhkan diri dari sikap-sikap otoriter dan kepentingan sesaat kelompok maupun golongan tertentu saja. Salah satu bagian penting dalam transformasi sistemik itu, adalah terbangunnya tatanan pemerintahan yang bersih dan makin berwibawa (good governance and clean government) yang menjauhkan dari praktek-praktek korup, kolusi, dan nepotisme (KKN) atau kongkalikong dan dinasti politik.

Membangun masyarakat yang bermartabat yang didasari dengan budaya, jati diri serta nilai-nilai agamis, akan menjadikan kita bertahan dari berbagai kondisi kekinian yang selalu berdampak negatif. Melakukan pembangunan Sumber Daya Manusia melalui pendidikan yang memadai sebagai usaha menjauhkan masyarakat dari ketertinggalan, kemiskinan dan kebodohan hingga Pandeglang memiliki kemampuan untuk membangun dirinya sendiri yang bersumber pada modal insani (human capital) yang unggul.

Memelihara dan memperbaiki kondisi lingkungan alam sehingga tercipta hubungan harmonis yang saling menguntungkan akan dapat menjadikan Pandeglang memiliki ketahanan yang berdampak luas pada aspek-aspek lainnya, bahkan dapat memberikan prestasi serta reputasi yang baik di mata dunia.

Tidaklah mudah merubah suatu kondisi ke arah yang lebih baik, namun kita wajib berupaya sekuat tenaga. Mari kita bangun dengan paradigma baru Kabupaten Pandeglang sebagai Mercu Suar Dunia dengan memperhatikan beberapa pilar sebagai berikut:

  1. Bersih merupakan hal yang harus dilakukan oleh pemerintahan yang baru, dimulai dari membersihkan diri dari penyakit-penyakit jiwa hingga moral yang kemudian dampaknya akan tercipta suatu kondisi yang kondusif bagi semua stackholder atau semua lapisan masyarakat yang ingin berperan aktif dalam setiap bentuk pembangunan menuju kemandirian daerah yang memiliki kematangan mental dan spiritualitas yang tinggi.
  2. Berbudaya merupakan nilai-nilai, norma-norma, dan kebiasaan-kebiasaan yang dianut masyarakat yang pada gilirannya dapat menciptakan sistem bermasyarakat dan sistem kepemerintahan yang harmonis dan sinergi menuju masyarakat yang bermartabat dan dapat dinilai, dihargai dan diterima sebagai bagian masyarakat dunia yang berprestasi dan memiliki reputasi di mata dunia.
  3. Berkesejahteraan adalah dampak positif dari perubahan dan kemajuan semua bidang pembangunan yang dilakukan, ditandai dengan semakin baiknya kualitas hidup masyarakat serta didukung oleh infrastruktur dan suprastruktur sosial budaya ekonomi yang memadai, menjauhnya masyarakat dari ketertinggalan, kemiskinan dan kebodohan sehingga secara simultan dan kontinyuitas meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh.

Tentang maman fathurochman

Berkomitmen untuk turut serta mewujudkan Pandeglang yang Bersih, Berbudaya, dan Berkesejahteraan, menjaga nilai-nilai budaya dan kearifan lokal, serta senantiasa bersyukur dan berharap ridho Allah SWT.
Gambar | Pos ini dipublikasikan di Harapan dan tag , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke PANDEGLANG MENUJU PERUBAHAN

  1. kisunda labuan berkata:

    Gagasan yg super gagah saya mendukungmu saudaraku….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s