Pembongkaran Makam Syekh Nawawi Albantani

press rilis Babad Banten

PRESS RILIS BABAD BANTEN

Terkait Pembongkaran Makam Syekh Nawawi Albantani oleh Rezim Kerajaan Saudi Arabia

Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarakatuh

Kita semua terkejut menyaksikan video viral yang menyatakan dan menegaskan “Pembongkaran Makam Syekh Nawawi Albantani”. Beliau merupakan Soko Guru Ulama Hijaz pada zamannya. Beliau juga merupakan soko guru Ulama Ulama Nusantara pada Masanya. Beliau juga merupakan Trah Sultan Banten Maulana Hasanudin bin Kangjeng Sinuhun Syarif Hidayatulloh Cirebon. Yang secara notebene merupakan zuriat Nabi Muhammad SAW.

Pengaruh keilmuan beliau dalam memerdekaan Bangsa Nusantara khususnya bangsa Indonesia sangat luar biasa. Murid-murid ternama beliau seperti Hadratussyekh Hasyim Asyari Tokoh Pendiri NU, Syekh Tubagus Ahmad Bakri Sempur– Soko Guru Ulama Banten–,serta banyak nama lagi yang memiliki pengaruh yang kuat dalam perjuangan dan pergerakan kemerdekaan Bangsa Indonesia khususnya dan Nusantara umumnya. Kemuliaan dan karomah beliau yang luar biasa merupakan magnet tersendiri yang mengundang umat untuk selalu berziarah ke makam beliau di Ma’la Mekkah ketika musim Haji atau Umroh. Tidak ada yang salah dengan sikap umat yang selalu ingin ‘ngalap berkah’ dari ulama yang telah dimuliakan oleh Alloh SWT.

Mestinya rezim Raja Salman Kerajaan Arab Saudi bisa menghayati kehidupan beragama dari Umat Islam di Nusantara khususnya dari Indonesia — yang merupakan mitra strategis Kerajaan Arab Saudi — dengan menghormati dan Menjaga Makam Syekh Alhabib Nawawi Tanara Albantani Aljawi. Yang secara kurun waktu keberadaan dan kiprah Syekh Nawawi Albantani beserta Ulama-Ulama Nusantara yang lain lebih dulu dibandingkan dengan eksistensi Kerajaan Arab Saudi sendiri.

Kami juga menyayangkan sikap tidak tanggapnya Pemerintahan RI dibawah kepemimpinan Yang mulia Presiden Haji joko Widodo tentang informasi yang menimpah makam ulama terkemuka Indonesia Syekh Nawawi Albantani yang sudah viral di medsos.

Melihat kenyataan ini kami dari zuriat Kesultanan Banten yang tergabung dalam organisasi Kerabat & Sahabat Kesultanan Banten (Babad Banten) memandang perlu untuk menyampaikan sikap sebagai berikut :

  1. Meminta Pemerintah RI di bawah kepemimpinan Haji Joko Widodo untuk melakukan diplomasi dan klarifikasi tentang kebenaran pembongkaran makam syekh Nawawi Albantani yang merupakan soko guru ulama hijaz dan soko guru ulama Nusantara kepada Yang Mulia Raja Salman Al Saud.

  1. Mendesak kepada Rezim Raja Salman untuk segera memberikan klarifikasi kepada umat Islam Indonesia khususnya dan Umat Islam Dunia tentang keberadaan makam syekh Nawawi Albantani tempat dimana dipindahkannya.

  1. Meminta kepada rezim Saudi Arabiah agar tidak memaksakan kehendak Paham Wahabi kepada Umat Islam yang sedang melaksanakan Ibadah di Tanah Suci Mekkah dan Madinah dalam rangka Ibadah Haji dan Ibadah Umroh.

  1. Meminta kepada semua pihak untuk tetap menjaga kondusifitas keamanan dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang provokatif.

  1. Meminta Kepada MUI pusat untuk Pro-Aktif menjaga keberadaan Makam-Makam Ulama Indonesia yang di makamkan di Saudi Arabiah. Jangan sampai kasus serupa terulang kembali.

Demikianlah sikap Kami Kerabat & Sahabat Kesultanan Banten (Babad Banten). Semoga Alloh SWT meridhoi setiap gerak langkah kita dalam memajukan budaya warisan leluhur kita. Aamiin. Sultan Banten Alloh Ridho Ya Alloh Ya Kariim.

Waallohu muwafiq ilaa aqwamitthoriq

Billahittaufiq wal hidayah

Wassalamualaikum Warohmatullohi Wabarakatuh

Banten, 10 Januari 2018

Dewan Pimpinan Nasional

Kerabat & Sahabat Kesultanan Banten

Tubagus Muhammad Solehudin                       

Ketua Umum                                                    

 

Maman Fathurochman

Sekretaris Jenderal

 

 

Tentang maman fathurochman

Berkomitmen untuk turut serta mewujudkan Banten yang Bersih, Berbudaya, dan Berkesejahteraan, menjaga nilai-nilai budaya dan kearifan lokal, serta senantiasa bersyukur dan berharap ridho Allah SWT menuju Indonesia Mercusuar Dunia.
Pos ini dipublikasikan di Babad Banten, Banten, Ulasan dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan komentar